PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF EKSPOR-IMPOR SEBAGAI
ALAT BANTU PENGAJARAN MENJAWAB TANTANGAN ERA EKONOMI DIGITAL
DEVELOPMENT OF EXPORT-IMPORT MODULE INTERACTIVE AS
A TEACHING TOOL
TO RESPOND TO THE CHALLENGE OF ECONOMIC DIGITAL
ERA
Kurniani
Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Semarang
ABSTRACT
Semarang State Polytechnic
has the infrastructure and application engine for the implementation of
e-learning (ELNINO), but not optimal, because it has a wide variety of content
courses that have a market selling value. PBE content on labs and
e-learning is needed to create synergies from the various family owned science.
Export-Import
interactive module is a product in the form of Compact Disk Module (bootable
CD) that contains material and Export-Import concepts including the definition,
the concept of export-import administration, export-import mechanism, trading
on line, all of whom are based graphics, animation, audio and video (multimedia). A need an interactive module on the Department of Business
Administration perceived as very important and necessary teaching aids. The ELNINO is used to obtain an effective formulation and uniformity of
the actual materials needed to bridge the infrastructure and material
limitations.
Key-words: E-Learning,
export-import, bootable CD, multimedia
Ekonomi
digital yang berkembang sejalan dengan perkembangan perangkat digital dan media
simpan memunculkan esensi mengenai kemudahan digital pada semua aspek seperti
Ekspor-Impor, e-ticket, e-pajak, e-banking dan juga merambah pada sendi
sendi industri pendidikan yang memunculkan e-learning,
akademik online sampai dengan konsep integral virtual class dan virtual
laboratories yang kesemuanya akan berujung pada penciptaan keunggulan
kompetitif organisasi pada paradigma yang berlaku.
Kebutuhan
sumber daya siap pakai di Indonesia telah disikapi kalangan Pendidikan Nasional
dengan munculnya Kep Men No. 232/U/2000 tentang pendidikan berbasis kompetensi
dan telah ditangkap dengan Renstra Polines kearah Product Based Education (PBE).
Produk lulusan dari lembaga pendidikan khususnya pendidikan tinggi yang
memiliki kompetensi akan tercipta, apabila pelaksana pendidikan mampu
menciptakan kualitas kurikulum yang dapat
menjawab paradigma yang berkembang dan menciptakan solusi pada
keterbatasan aspek yang muncul sebagai implikasi diadopsinya teknologi. Kondisi internal pada Politeknik Negeri
Semarang sebagai salah satu penyelenggara Pendidikan Tinggi memiliki keunggulan pada aspek infrastruktur
pendukung pembelajaran digital baik e-learning,
kelas virtual maupun laboratorium virtual dengan didapatkannya program hibah
pengembangan teknologi pendidikan yang diselenggarakan DIKTI.
Meskipun
Politeknik Negeri Semarang telah memiliki infrastruktur dan engine aplikasi bagi penyelenggaraan e-learning (ELNINO), namun belum
optimal, karena belum memiliki ragam konten mata kuliah yang memiliki nilai
jual pasar. Konten PBE pada laboratorium dan e-learning dibutuhkan untuk menciptakan sinergi dari berbagai ilmu yang dimiliki.
Kep
Men No. 232/U/2000 memberikan tuntutan pada kualitas kompetensi pada berbagai
silabus dan Satuan Acara Perkuliahan dan persiapan pembangunan
laboratorium. Kondisi existing dari laboratorium dan materi ajar Polines cq. Jurusan Adminsitrasi Niaga
memiliki kendala pada mata kuliah yang
membutuhkan akses informasi pasar secara online
seperti Ekspor-Impor. Sehingga hal esensial yang melatarbelakangi melakukan
penelitian rancang bangun modul digital Ekspor-Impor, adalah keterbatasan
sumber daya: berupa kompetensi dan kesamaan persepsi pengajar, keterbatasan
sumber pustaka berkembang dan kondisi laboratorium ekspor impor yang baru mulai dipersiapkan (embrio). Kebutuhan sebuah modul interaktif pada
Jurusan Administrasi Niaga dirasa sangat penting dan diperlukan sebagai alat
bantu pengajaran.
Modul
interaktif Ekspor-Impor ini adalah
sebuah produk dalam bentuk Compact Disk
Module (CD bootable) yang berisi materi dan konsep Ekspor-Impor meliputi
definisi, konsep administrasi ekspor-impor, mekanisme ekspor-impor, perdagangan
on line, yang semuanya disajikan
berbasis grafis, animasi, audio dan video (multimedia). Modul ini nantinya akan menjadi modul siap
pakai yang dapat disebarluaskan pada lembaga-lembaga pendidikan yang
mengajarkan mata kuliah Ekspor-Impor di Indonesia melalui server digital library yang dikembangkan pada jaringan internal dan online.
Sehingga pengembangan perangkat lunak modul digital ini memberikan nilai
manfaat dan kontribusi secara luas bagi kesiapan bangsa Indonesia untuk
berkiprah dalam era ekonomi digital, khususnya dalam pemahaman ekspor impor
secara akademik.
METODE PENELITIAN
Model Penelitian yang dikerjakan,
merupakan penelitian rancang bangun sebuah perangkat lunak, berupa modul
interaktif eksport-import, dengan
alur kerja sebagai berikut:
1. Penelitian dimulai dengan pembahasan mengenai analisis
kebutuhan umum dari literatur modul ekspor impor yang disesuaikan dengan
kurikulum yang telah ada. Tahapan ini merupakan proses perbendaharaan pustaka.
Tahapan selanjutnya melakukan pensortiran dan pengelolaan literatur secara
terstruktur .
2. Melakukan
pembuatan module files (file parsial)
berdasarkan resume tema pada tiap bab yang disajikan dalam modul Ekspor-Impor.
3. Membuat
rancangan dan desain model halaman utama dan halaman penjelasan dari perangkat
lunak interaktif yang akan dibangun, selanjutnya melakukan integrasi dengan module files yang telah dibuat
sebelumnya. Rancangan yang dibuat dalam tahapan ini berupa desain output dan hyperlink.
4. Video shooting dan capture screen, pembuatan animasi, pembuatan suara latar dan audio.
Audio presentasi yang berisi informasi dari bab-bab yang dijelaskan.
5. Mengembangkan
modul dengan basis java
6. Melakukan
pembuatan software dari modul-modul
yang terintegrasi, sehingga menjadi sebuah modul presentasi non linear dalam bentuk file aplikasi.
7. Proses compile, pembuatan auto diskboot serta melakukan pembakaran compact disk (CD), sehingga modul siap digandakan maupun dipakai dalam proses belajar mata
kuliah Ekspor-Impor sebagai alat bantu pengajaran.
HIPO dan Hyperlink
HIPO adalah bagan dan struktur dari konsep desain rancang bangun modul
Ekspor-Impor ini, merupakan diskripsi secara bagan dari kerangka konsep
perangkat lunak yang diajukan. Bagan Hipo
dan Hyperlink dapat ditunjukan
pada gambar berikut :
Aplication
Modul
[
Macromedia ]--Primary
|
Gambar-1 : Penyelesaian Masalah
Penyelesaian masalah pada Gambar-1, dikembangkan
menjadi detail modul sebagai berikut :
Gambar-2 : Detail Pengembangan Modul
Hyperlink dalam aplikasi presentasi non linear akan menghubungkan antara judul-judul tema dengan
penjelasan materi di dalamnya, atau dikatakan akan menghubungkan pokok materi
dengan submateri yang diwakili dengan melakukan klik pada judul maupun icon pada program modul Ekspor-Impor.
Modul
detail dikembangkan dalam bentuk teks manual dan selanjutnya dirancang kedalam
model grafis --- animasi --- audio-video dan --- compile. Sehingga selain
pemetaan dengan materi program ini diarahkan pada implementasi modul menjadi
perangkat lunak yang dapat digunakan secara bebas (open source) untuk pengguna yang mempelajari Ekspor-Impor.
Aplikasi
yang dibangun memiliki konten pembelajaran yang menyentuh pada beberapa mata
kuliah berbasis ekspor-impor yang digunakan untuk menjembatani keterbatasan
infrastruktur seperti jaringan intranet dan internet yang yang belum tersedia
dalam laboratoriom, sehingga memberikan nilai manfaat kepada pengajar dan
mahasiswa dalam hal keefektifan proses PBM.
Perangkat Lunak
Pendukung Perancangan.
Perangkat lunak aplikasi yang
digunakan dalam mendukung pembuatan modul interaktif ini nantinya akan
berupa perangkat lunak pendukung grafis, perangkat lunak pendukung pembuatan
animasi, perangkat lunak pendukung video dan perangkat lunak pembuat file presentasi
aplikasi.
Tabel : Perangkat Lunak Pendukung Desain
No.
|
Perancangan
|
Perangkat
Lunak Pendukung
|
1.
|
Grafis
|
PhotoImpact 8.0
·
Program
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah basis grafis dan vektor untuk
mengembangkan visualisasi pada pengembangan kearah display dan estetika program
·
Photo Impact
juga digunakan untuk melakukan genarate pembuatan modul HTML (web site) yang merupakan implementasi
modul digital website
·
Pada aplikasi
ini digunakan untuk mendesain icon
dan button (rollover) interaktif.
|
2.
|
Animasi
|
GIF Animator
6, Studio Morph, Macromedia Flash MX
Aplikasi Animasi
digunakan untuk menciptakan efek animasi baik dalam bentuk 2D dan 3D, animasi
digunakan untuk memperkaya aspek estetika dalam tampilan dalam rancangan
modul.
|
3.
|
Video
|
Adobe Premiere 7.0, Pinacle
Aplikasi pengolah
video digunakan untuk melakukan penggabungan dari model suara (audio) dan
model dalam bentuk file grafis, animasi maupun video. Editing digunakan untuk
menciptakan aspek pentransferan materi dengan lebih baik. Sehingga setiap bab
dan sub bab dijelaskan dengan basis audio-video
|
4.
|
Sound dan Dubbing
|
Sound Forge XP
Sound Forge
digunakan untuk melakukan rekaman (recording) materi dari model atau
pembelajaran langsung secara faktual. Sound Forge dapat digunakan untuk
menyambung hasil rekaman dan melakukan editing audio dari system stereo dan
frekuensi yang dibutuhkan untuk menampilkan tampilan.
|
5
|
Presentasi (Compile)
|
Macromedia Director 8.0
Macromedia Director
digunakan untuk melakukan compailing
materi dalam bentuk teks, grafis, animasi dan audio-video sehingga menjadi
bentuk aplikasi executable yang
interaktif. Macromedia Director
merupakan engine untuk melakukan compailing apek-aspek yang
dipersiapkan dalam modul menjadi modul siap pakai yang interaktif.
|
6
|
Engine Software Video
|
QuckTime Movie
Software
untuk menjalankan aplikasi yang direkam sebagai video movie, aplikasi ini harus terinstal agar user dan pembuat software dapat lebih praktis dalam melihat tampilan yang
disajikan dari hasil compile pada program Macromedia
Director.
Pada
Implementasinya untuk user harus diinstal terlebih dahulu sebelum nantinya
menjalankan program aplikasi modul yang telah jadi.
|
7
|
Copy DVD
|
Ahead Nerro Burning
Digunakan untuk
menggandakan dan backup Data, Pengguanaan DVD diterapkan, karena besarnya
file pendukung (basis Vide-Audio : MPEG) yang mencapai 1 GB.
|
HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Pemetaan
Materi Mata Kuliah E-Modul Ekspor- Impor
Pemetaan materi mata kuliah commerce dilakukan melalui mekanisme
pengumpulan data dengan sumber data sekunder yang diperoleh dari literatur
artikel , jurnal dan buku teks asing. Pemetaan materi pada mata kuliah
dikembangkan melalui : inisialisasi – mekanisme --- aspek proses ---- dinamika
---- implentasi ---- pengembangan. Sehingga dari pemetaan materi tersebut didapatkannya
sebuah modul sesuai dengan TIU mata kuliah e-modul ekspor-impor pada program Diploma Tiga Administrasi
Bisnis.
Pada Implementasi materi dan pengayaan kebutuhan diperoleh tujuh aspek
penting terkait e-modul ekspor-impor yang harus disampaikan dalam implementasi
pembelajaran e-modul ekspor-impor yang selanjutnya dikemas dalam enam bab utama
:
1.0 PENDAHULUAN
PENGANTAR EKSPORT, IMPORT DAN PERBANKAN
2.0 LETTER OF
CREDIT
3.0 SHIPPING COMPANY
4.0 KEPABEANAN
5.0 MARINE
INSURANCE
6.0 VIDEO COLLECTION
OF EXPORT IMPORT
Dari enam bab utama kemudian diturunkan
menjadi aspek detail yang dapat dilihat pada bab sebelumnya untuk diterjemahkan
dalam pendekatan test, grafis, animasi, audio-video sampai dalam tahapan
compailing menjadi modul interaktif yang siap digunakan untuk menunjang Proses
Belajar Mengajar (PBM) mata kuliah ekspor impor.
2. Model Pendekatan Digital
Pendekatan Digital pada Modul diarahkan pada dua pendekatan utama
seperti ditunjukkan pada Gambar-2. Berupa pendekatan berbasis situs, yang mana
komponen utama model dalam bentuk text .PDF dikompresi menjadi desain halaman
WebSite. Sedang pada pendekatan kedua semua komponen degenerate menjadi sebuah
aplikasi terintregrasi yang dapat digunakan pada proses PBM.
Kedua Pendekatan tersebut diterapkan dalam penelitian istitusional ini
untuk mendapatkan objektif dari tujuan yang akan dicapai dengan lebih efektif.
Implementasi dari kedua modul adalah sinergi pada aspek meteri yang
dibahas, dan menciptakan aspek database pada perbendaharaan kasus dan materi.
3. Model Pendekatan Aplikasi
Model aplikasi pada produk luaran dibangun dengan menggunakan perangkat
bantu pengolah audio (editing) dan video (editing) yang digunakan untuk
mendapatkan target sasaran yang diinginkan sebagai luaran yang sejalan dengan
objektif dari TIK pada masing-masing sub pembahasan modul.
Implementasi
Desain Produk (Luaran)
1) Media Simpan
(Space)
Pada tampilan aplikasi yang digenerate menggunakan Macromedia Director
8.0 dihasilkan aplikasi engine yang telah siap pakai (bootable) yang dibackup
dan dikembangkan dengan media Densitas Video Disk (DVD) kapasitas (space) 4.5
GByte, dengan kapasitas terpakai 1,4 GByte. Aplikasi DVD yang ditawarkan
terdiri dari aplikasi utama berbasis Macromedia dan aplikasi pendukung
(Web-Modul).
2) Desain
Halaman Utama
Tampilan Halaman Utama diawali dengan atribut dan indentitas nama
penelitian, institusi dan nomer button untuk masuk dalam apilikasi dan button
untuk keluar dari aplikasi.
Gambar-3:
Halaman Tampilan Utama