PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI
SARANA PROMOSI UKM DI KABUPATEN JEPARA
Azizah
Jurusan
Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof.H.Sudarto, SH, Tembalang, Kotak Pos 6199/SMS
Semarang 50061
ABSTRACT
The
number of SME (Small Medium Enterprises) locating in Jepara with a lot of
product variance make this district become more popular. SME locations’ mapping
is made in purpose promoting these SMEs. There are 2 categories’ sample in this
observation, they are regional sample and SMEs sample. This mapping result will
be published in the webblog in order to make the existance of the Jepara’s SMEs
are known by the public.
Keyword : information technology, small medium
enterprises
PENDAHULUAN
Jepara merupakan salah satu
kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang
bergerak di berbagai bidang, mulai dari meubel, perak, konveksi hingga makanan.
Banyaknya UKM yang tersebar di Jepara seharusnya merupakan sebuah potensi yang
besar untuk dikembangkan. Industri di Jepara berkembang pesat dengan area
pemasaran yang cukup luas, tidak hanya di dalam negeri saja tetapi juga sudah
dapat mengekspor produknya ke luar negeri seperti Kanada, Spanyol, Amerika dan
Arab. Dengan potensi yang begitu besar, pengembangan UKM di Jepara masih belum
maksimal dikarenakan letak UKM yang saling berjauhan dan tersebar di seluruh
wilayah Kabupaten Jepara menjadi salah satu faktor penghambat bagi mengalirnya
para pembeli ke UKM tersebut apabila pembeli belum mengetahui keberadaan UKM
tersebut atau belum mengenal kondisi dan situasi di Kabupaten Jepara. Hal
tersebut tentunya akan merugikan UKM-UKM yang ada, mengingat kunjungan langsung
pembeli akan mendongkrak penjualan sekaligus menjadi potensi pariwisata dan
ajang promosi langsung kepada pembeli. Oleh karena itu, mempromosikan UKM pada
sentra industri di Jepara perlu dilakukan dalam upaya memperkenalkan UKM
tersebut kepada masyarakat yang diharapkan akan mendorong mengalirnya para
pembeli sehingga meningkatkan penjualan barang produksi UKM yang penting untuk
keberlangsungan hidup UKM. UKM yang sehat dan produktif tentunya akan berdampak
positif bagi kehidupan masyarakat sekitarnya.
Perumusan
Masalah
Untuk mempromosikan UKM yang ada
di Jepara melalui media weblog terlebih dahulu harus mengetahui letak dari UKM
tersebut berdasarkan wilayahnya pada sentra industri di Jepara. Ruang lingkup
UKM ini adalah UKM yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Jepara.
Tujuan
dan Manfaat
Tujuan dari penelitian ini adalah
memperkenalkan dan mempromosikan UKM berdasarkan wilayahnya yang ada di
Kabupaten Jepara secara detail dan terstruktur dengan output akhirnya berupa
weblog yang menampilkan UKM tersebut sehingga hasilnya dapat diakses oleh
masyarakat umum.
Manfaat dari penelitian ini
adalah memberikan kemudahan bagi para pembeli ataupun pengunjung yang berminat
pada barang-barang hasil UKM di Kabupaten Jepara dalam mengetahui dan mengakses
letak UKM tersebut, memperkenalkan UKM yang ada di Kabupaten Jepara baik yang
baru maupun yang telah lama keberadaannya bagi masyarakat yang belum tahu,
sebagai sarana promosi langsung kepada pembeli yang nantinya akan berdampak
pada peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Jepara.
Metode
Penelitian
Jenis
Penelitian
Dalam penelitian ini digunakan
metode survei. Menurut Tika (1999:91) survei adalah suatu penelitian yang
bertujuan untuk mengumpulkan sejumlah besar data berupa variabel, unit atau
individu dalam waktu bersamaan. Data dikumpulkan melalui individu atau sampel
fisik tertentu dengan tujuan agar dapat mengeneralisasikan terhadap apa yang
diteliti. Variabel yang dikumpulkan dapat bersifat fisik maupun sosial. Metode
survei adalah penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari
gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual, baik
secara institusi sosial, ekonomi atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu
daerah. Penelitian survei ini dilakukan dengan studi deskriptif yang bertujuan
untuk menggambarkan suatu keadaan pada waktu tertentu dari suatu populasi
tertentu Consuelo G. Sevilla (1993:76). Penelitian ini mengambil lokasi di
Kabupaten Jepara.
Populasi
dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini
terdiri dari dua macam yaitu populasi wilayah dan populasi responden.
a.
Populasi wilayah yaitu keseluruhan
wilayah Kabupaten Jepara yang terdiri dari 14 kecamatan
b.
Populasi responden yaitu UKM yang ada
pada sentra industri yang terdapat di Kabupaten Jepara
Sampel pada penelitian ini
terdiri dari dua kategori, yaitu sampel wilayah dan sampel UKM.
a.
Sampel Wilayah
Sampel wilayah dalam penelitian ini adalah Kabupaten
Jepara yang berada di Provinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah sekitar
100.413,19 Ha (1.004,132 km) dibagi dalam 14 kecamatan yang dihuni oleh 1,020
juta jiwa penduduk.
a.
Sampel UKM
Sampel
UKM dalam penelitian ini adalah UKM yang terdapat pada sentra industri yang
tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Jepara. Metode penentuan sampel
menggunakan stratified random sampling (sampel diambil berdasarkan kelompok UKM
yang berada di sentra industri Kabupaten Jepara. Menurut survei terakhir BPS,
jumlah UKM yang terdapat di Kabupaten Jepara tersebar di 14 kecamatan adalah
sebanyak 12944.
Untuk mendapatkan sampel yang
mengambarkan dan mencandrakan populasi, maka dalam penentuan sampel penelitian
ini digunakan rumus Slovin, sebagai berikut :
Keterangan :
n = ukuran sample
N = ukuran populasi
e = persen kelonggaran
ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel yang masih dapat ditolelir
Jika dibulatkan, maka diperoleh
100 UKM sebagai sampel penelitian. Dari jumlah populasi tersebut dengan tingkat
kelonggaran ketidaktelitian sebesar 10% maka dengan menggunakan rumus di atas
diperoleh sebesar 90.
Prosedur
Pengumpulan Data
Prosedur pengumpulan data
merupakan kegiatan mencatat peristiwa atau kejadian atau karakteristik elemen.
Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui empat cara, yaitu studi
dokumentasi, observasi, teknik wawancara dan studi kepustakaan.
PEMBAHASAN
Pengumpulan
Data
Untuk mendapatkan data mengenai
UKM yang ada di Kabupaten Jepara, dilakukan pengumpulan dan pengkajian data
pada BPS, dari sana didapatkan data tentang bermacam-macam UKM yang tersebar di
14 kecamatan di Jepara yang dilengkapi dengan alamat dan nomor kontak (bila
ada). Data yang terkumpul selanjutnya diobservasi. Di sini hanya diambil
beberapa UKM saja sebagai sampel untuk didatangi dan diobservasi keberadaannya.
Selain observasi, juga dilakukan
wawancara secara langsung terhadap pemilik ataupun pekerja dari UKM tersebut.
Dalam wawancara tersebut, dibahas mengenai perkembangan pengelolaan UKM,
perkembangan pengunjung serta kendala-kendala yang dihadapi. Untuk menambah
bahan rujukan dalam menunjang pemberian informasi kepada para konsumen produk
UKM Kabupaten Jepara maka dilakukan studi kepustakaan.
Gambar 1. Halaman Awal Weblog
Pemetaan
Data
Data yang didapatkan dari BPS
berupa seluruh UKM yang ada di Kabupaten Jepara, kemuadian di atur susunannya.
UKM-UKM tersebut dipetakan dalam tabel-tabel yang disusun berdasarkan kecamatan
yang ada di kabupaten Jepara. Data UKM yang ada di setiap kecamatan kemudian
dibedakan lagi berdasarkan jenis usaha yang dikelolanya.
Tabel yang dibuat untuk pemetaan
tiap kecamatan dan tiap jenis UKM memiliki tiga field yaitu field nama UKM,
field Kegiatan Utama dan field alamat UKM. Dari field-field tersebut, para
konsumen bisa mendapatkan informasi yang lebih detail serta lebih terstruktur
sehingga lebih memudahkan para konsumen dalam membacanya.
Pembuatan
Halaman Weblog
Pembuatan halaman weblog
dilakukan agar data yang diolah dapat menjadi informasi yang mudah diakses oleh
masyarakat. Weblog dibuat dengan mendaftar pada www.blogspot.com.
Setelah itu dilakukan pengaturan halaman-halaman weblog mulai dari tampilan
awal, profil pembuat, artikel-artikel penunjang pemberi informasi tentang UKM
di Jepara serta memasukkan seluruh tabel yang ada ke halaman weblog. Tampilan
awal untuk halaman weblog dipilih template yang telah disediakan, sehingga
tinggal memilihnya. Setelah itu mengatur tata letak halaman web, sehingga mudah
bagi user untuk mengeksplorasi halaman web yang ada. Untuk memasukkan artikel
baru dan tabel-tabel yang ada, maka pilih menu entri baru.
Gambar 2. Peta Industri Kabupaten Jepara
Di situ akan terbuka halaman
isian baru dimana dapat memasukkan entri baru. Entri yang telah dimasukkan dan
disimpan akan tersimpan dalam draft. Apabila entri tersebut akan
dipublikasikan, maka pilih menu edit entri, akan tampil semua artikel yang
telah dientri. Dari seluruh artikel yang ada, tinggal dipilih dengan ditandai
check list mana saja artikel yang hendak dipublikasikan agar dapat dibaca oleh
pengunjung weblog.
Gambar 3. Daftar UKM Sentra Industri
Kabupaten Welahan
PENUTUP
Penelitian yang sudah dilakukan
menghasilkan weblog yang berisi daftar UKM di wilayah Kabupaten Jepara
berdasarkan Kecamatan dan sentra industri dimana UKM tersebut berada.
Daftar
Pustaka
Nickles,
William dan McHugs, 2012, Understanding Business 10th Edition, Glasgow : Bell
& Bain Ltd.
Soetrisno,
Noer, Ekonomi Rakyat Usaha Mikro dan UKM dalam Perekonomian Indonesia,
smecda.com
William,
BK dan Sawyer, S.C, 2007, Using
Information Technology, Mc Graw Hill, New York