Laman

ANALISIS ATRIBUT PRODUK SPEEDY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA DIVRE IV JATENG DAN DIY


ANALISIS ATRIBUT PRODUK SPEEDY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA DIVRE IV JATENG DAN DIY

THE ANALYSIS OF SPEEDY PRODUCT ATTRIBUTES TOWARD CUSTOMER SATISFACTION OF PT TELECOMMUNICATION INDONESIA DIVRE IV JATENG AND DIY.

Mayestika Hantoro dan Rif’ah Dwi Astuti
Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Semarang


ABSTRACT

Speedy Product Attributes can create customer satisfaction.   If customers are satisfied with speedy product attributes given, they will keep on buying the company products.  Company should maintain and increase their customer satisfaction.The purpose of this research is to identify correlation of speedy product attributes toward consumer’s satisfaction.  The methods of collecting data were questionnaires and literature study.  In this survey sample 100 respondents are classified into four product attributes i.e access, feature, price and service. The analysis method used were chi-square and coefficient contingency.The result of this analysis by Chi Square shows that the access was 62,327, showing that the feature was 98,730, showing that the price was 95,221, showing that the service was 79,373.  This result shows that Ho is rejected and Ha is accepted.  The analysis result by Coefficient Contingency test shows that there was correlation between speedy product attributes toward customer  satisfaction.It is recommended that PT. Telecommunication Indonesia Divre IV jateng and DIY should maintain the customer satisfaction by giving more attention to the access, feature, price and service

Key Words : customer satisfaction, attributes, access, price, service



Sejalan dengan berkembangnya kemajuan teknologi yang semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan informasi, maka kehadiran berbagai penyedia jasa  informasi sangat membantu kebutuhan masyarakat akan informasi tersebut. Kebutuhan akan informasi dapat dipenuhi dengan berbagai media seperti : media telekomunikasi, media elektronik, media cetak dan yang lebih diminati saat ini adalah pencarian informasi melalui media internet, karena jaringannya lebih luas dan dapat memperoleh informasi lebih banyak dan beragam.
PT.  Telekomunikasi Indonesia (PT. Telkom) merupakan penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia.  Status PT. Telkom sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memacu PT. Telkom untuk lebih dapat bersaing dengan perusahaan swasta di bidang yang sama.  Menurut Lupiyoadi (2001:119) bagi perusahaan jasa cukup sulit untuk mendapatkan standar pelayanan yang sama di mata pelanggan.  Berdasarkan hal tersebut, maka perusahaan dituntut lebih cermat dalam pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki agar hasil kerjanya optimum dan dapat memuaskan pelanggan. 
Produk jasa layanan internet yang dikeluarkan oleh PT. Telkom adalah speedy.  Speedy adalah produk Layanan internet access end-to-end dari PT. Telkom dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai dengan BRAS atau Broadband Remote Access Server (www.telkomspeedy.com).
Menurut Supranto (2006:76), ada berbagai atribut produk yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.  Guna  mengetahui kepuasan pelanggan suatu perusahaan diperlukan suatu ukuran untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan agar perusahaan dapat mengetahui atribut produk yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.  Adapun yang termasuk atribut produk speedy adalah akses, fitur, harga dan pelayanan.  Karena menurut website telkom speedy (www.telkomspeedy.com) akses termasuk atribut produk, dan menurut Kotler (2001:354) fitur merupakan atribut produk, menurut Simamora (2002:79), harga termasuk atribut produk, sedangkan menurut Kotler (2002:449) pelayanan juga merupakan atribut produk.
Akses merupakan atribut yang penting dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan.  Didalam atribut akses meliputi: Kecepatan download, Kecepatan upload dan  Kecepatan koneksi.
Fitur juga merupakan atribut yang memberikan  kepuasan kepada  pelanggan.  Konsumen biasanya menginginkan produk dengan fitur yang berkualitas.  Didalam atribut fitur meliputi bentuk dan kualitas modem speedy, ketahanan modem speedy dan ukuran modem speedy.
Harga juga merupakan atribut yang penting dalam memberikan  kepuasan kepada pelanggan.  Banyaknya produk internet membuat persaingan harga semakin ketat.  Harga yang ditawarkan semakin bervariasi, konsumen tinggal memilih sesuai dengan kemampuan.  Didalam atribut  harga meliputi Harga yang ditetapkan speedy, Pemberian diskon dan Ketepatan perhitungan akurasi billing.
Selain Akses, Fitur dan Harga, atribut lain yang juga memberikan  kepuasan kepada pelanggan adalah pelayanan.  Didalam atribut pelayanan meliputi keakuratan pelayanan (ketepatan waktu dalam penanganan keluhan), kecepatan penanganan keluhan, perhatian pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.
 Untuk itulah maka PT Telkom harus berusaha untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan, karena kepuasan pelanggan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu perusahaan.  Apabila konsumen terpuaskan maka mereka akan melakukan pembelian ulang, kurang memperhatikan merek ataupun iklan produk pesaing, membeli produk yang lain dari perusahaan yang sama dan mengatakan hal-hal baik tentang perusahaan kepada orang lain. Dan sebaliknya apabila konsumen tidak puas maka ketidakpuasan tersebut dapat berakibat konsumen akan beralih ke produk pesaing dan apabila ketidakpuasan itu juga diinformasikan ke orang lain maka orang yang tidak suka dengan produk perusahaan semakin banyak dan hal ini akan mengganggu kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang untuk itulah maka perlu diperhatikan atribut apa saja yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen/pelanggan.

TINJAUAN  PUSTAKA

Atribut Produk
Menurut Mowen dan Michael Minor (2002:312) atribut produk adalah karakteristik atau fitur yang mungkin dimiliki atau tidak dimiliki oleh objek.  Atribut terdiri dari atribut intrinsik adalah segala sesuatu yang melekat langsung pada suatu produk dan atribut ekstrinsik adalah segala sesuatu yang berasal dari aspek eksternal produk. Atribut Produk dalam produk Speddy ini meliputi :  akses, fitur , harga, dan pelayanan. Akses : adalah Suatu usaha untuk membuka suatu saluran komunikasi dengan perangkat hardware atau software tertentu, seperti modem yang digunakan untuk membuka akses internet.  Perangkat hardware atau software tersebut selain untuk memberikan data juga digunakan untuk menerima data untuk disimpan (Febrian,2004).  Fitur  adalah Fungsi atau kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat (Febrian,2004). Harga  adalah merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa (Tjiptono, 2002:149). Pelayanan  adalah suatu kinerja penampilan tidak berwujud dan cepat hilang, lebih dapat dirasakan daripada dimiliki, serta pelanggan dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut (Supranto 2003:227).
Kepuasan Pelanggan
Menurut Kotler (dalam Tjiptono, 2004: 146-147) kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya. Sedangkan menurut Giese & Cote : 2000 dalam Fandy Tjiptono : 43),  Kepuasan pelanggan terdiri dari 3 unsur yaitu : (1) kepuasan pelanggan merupakan respons (emosional atau kognitif); (2) respons tersebut menyangkut focus tertentu (ekspektasi, produk, pengalaman konsumsi, dst); dan (3) respons terjadi pada waktu tertentu (setlah konsumsi,setelah pemilihan produk/jasa, berdasarkan pengalaman akumulatif, dan lain-lain). Secara singkat kepuasan pelanggan terdiri atas 3 komponen : respons menyangkut focus tertentu yang ditentukan pada waktu tertentu . Kendati demikian sampai saat ini belum ada konsesus dikalangan akademisi menyangkut definisi kepuasan pelanggan.
Pelanggan, Pelanggan memegang peranan penting dalam pengukuran kepuasan pelanggan.  Produk maupun pelayanan yang diberikan perusahaan.  Pelanggan menurut Tjiptono (2002:128) adalah orang yang membeli barang atau jasa perusahaan untuk memenuhi apa yang diinginkan.
Faktor-faktor Pendorong Kepuasan Pelanggan,  menurut Lupiyoadi (2001: 158) terdapat lima faktor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan, yaitu: a. Kualitas produk , b. Kualitas pelayanan, c, Emosional, d. Harga serta e. Biaya

Kerangka Pemikiran Teoritis
 







PELAYANAN
(X4)
 
Sumber: Supranto (2003:326)



Gambar diatas  menunjukkan bahwa ada hubungan antara atribut produk speedy yang terdiri dari  akses (X1), Fitur (X3), harga (X3), dan Pelayanan (X4) dengan kepuasan pelanggan (Y).

Hipotesis Penelitian

a.         Hipotesis nol (Ho)
Ho:  Tidak ada hubungan antara atribut  produk speedy (akses, fitur, harga dan pelayanan)
terhadap kepuasan pelanggan produk Speedy pada PT Telkom.
b.         Hipotesis alternative (Ha)
Ha: Ada hubungan antara atribut produk speedy (akses, fitur, harga dan pelayanan) terhadap kepuasan pelanggan produk Speedy pada PT Telkom.

METODE PENELITIAN

Definisi Operasional Variabel
Definisi operasional variabel digunakan sebagai petunjuk bagaimana suatu variabel diukur.  berikut adalah variabel-varibel penelitian dan definisi operasional dari variabel penelitian:
a.       Akses (X1) : Suatu usaha untuk membuka suatu saluran komunikasi dengan perangkat hardware atau software tertentu, seperti modem yang digunakan untuk membuka akses internet.  Perangkat hardware atau software tersebut selain untuk memberikan data juga digunakan untuk menerima data untuk disimpan (Febrian,2004).
Dalam atribut akses, dimasukkan elemen sebagai berikut:
1.      Kecepatan download
2.      Kecepatan upload
3.      Kecepatan koneksi
b.      Fitur  (X2) : Fungsi atau kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat (Febrian,2004).
Dalam atribut fitur, dimasukkan elemen sebagai berikut:
1.      Bentuk dan Kualitas Modem Speedy
2.      Ketahanan Modem Speedy
3.      Ukuran Modem Speedy
c.       Harga  (X3) : Harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa (Tjiptono, 2002:149).
Dalam atribut harga, dimasukkan elemen sebagai berikut:
1.      Harga yang ditetapkan speedy
2.      Pemberian diskon
3.      Ketepatan perhitungan akurasi billing
d.      Pelayanan  (X4), Pelayanan adalah suatu kinerja penampilan tidak berwujud dan cepat hilang, lebih dapat dirasakan daripada dimiliki, serta pelanggan dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut (Supranto 2003:227).
Dalam atribut pelayanan, penulis memasukkan elemen sebagai berikut:
1.      Keakuratan pelayanan (ketepatan waktu dalam penanganan keluhan)
2.      Kecepatan penanganan keluhan
3.      Perhatian yang diberikan kepada pelanggan
e.       Kepuasan Pelanggan (Y), Menurut Kotler (Tjiptono, 2004: 146-147) Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya.
Dalam variabel kepuasan pelanggan, dimasukkan elemen sebagai berikut:
1.      Terus melanjutkan berlangganan speedy
2.      Tidak akan mengganti internet speedy dengan produk lain yang sejenis
3.      Merekomendasikan speedy kepada pihak lain
Populasi dan Sampel
      Populasi adalah semua individu atau unit-unit yang menjadi target penelitian (Agus, 2007:37).  Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan internet Telkom Speedy di kawasan Kota Semarang sebanyak 100.000 orang.  (PT. Telekomunikasi Indonesia Divre IV Jateng dan DIY, April 2009)
      Sample adalah bagian dari populasi yang dipilih mengikuti prosedur tertentu sehingga dapat mewakili populasinya (Agus, 2007:37).  Dalam penelitian ini, sample di ambil dengan teknik non random sampling dan  Accidental sampling.  Pengambilan jumlah sample diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin sebagai berikut:  (Umar, 2003, 102) didapatkan jumlah sampelnya sebesar 100 orang.


Jenis dan Metode Pengumpulan Data
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Cara pengumpulan data primer melalui kuesioner yang dilakukan secara langsung kepada responden. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari catatan perusahaan atau studi pustaka. Dalam kuesioner jawaban atas pertanyaan yang diajukan menggunakan 5 skala likert  dengan skor 1 ( sangat tidak puas ) sampai dengan skor 5 ( sangat puas )

Teknik Analisis
Teknik analisi yang digunakan adalah dengan Chi Kuadrat : Secara umum penggunaan metode ini untuk menguji ada tidaknya hubungan antara variabel X dan Y.  Variabel X adalah variabel atribut  sedangkan variabel Y adalah  kepuasan pelanggan. Variabel X terdiri dari X1 (Akses), X2 (Fitur), X3( Harga), X4 (Pelayanan) dan variable Y adalah kepuasan pelanggan. Selain Chi Kuadrat djuga digunakan Uji Koefisien Kontingensi yang  merupakan suatu ukuran mengenai taraf hubungan atau ketergantungan dari variabel-variabel dalam suatu tabel kontingensi.  Alat uji ini digunakan untuk menentukan derajat kebebasan atau kuat lemahnya hubungan antara variabel X dan Y. 

PEMBAHASAN

            Sebelum kuesioner digunakan dalam penelitian dilakukan pengujian terhadap 20 responden  Speedy. Setelah itu dilakukan pengujian terhadap validitas dan reliabilitas jawaban dari responden tersebut kemudian ditabulasikan ke dalam Excel dan dianalisis dengan alat Bantu SPSS 11.0 menggunakan korelasi Spearman dengan taraf signifikansi 5 % (0.05),  dari hasil perhitungan  semua dinyatakan valid karena r hitung lebih besar dari r tabel, sedangkan untuk uji reliabilitas  Pengujian reliabilitas menggunakan alat bantu SPSS dengan uji statistic Croanbach Alpha > 0.60 (Gozali, 2002:132).  Pada penelitian ini perhitungan reliabilitas menunjukkan nilai cronbach Alpha sebesar 0.8114, nilai tersebut berarti lebih besar dari 0.60, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa instrument yang digunakan memang reliabel.

Profil Responden
Dilihat dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa karakteristik responden yang menjadi pelanggan speedy adalah sebagian besar responden adalah berjenis kelamin pria, usia 36-45 tahun, pendidikan S1/S2/S3, pekerjaan pengusaha/wiraswasta, pendapatan lebih dari Rp 2.500.000 dan sudah berlangganan speedy lebih dari 9 bulan.

Tanggapan yang Diperoleh dari Responden
Tanggapan yang diperoleh peneliti  atas Atribute Produk Speedy yang meliputi : akses, fitur, harga dan pelayanan diperoleh jawaban sebagai berikut :
Akses
1.   Kecepatan Download
          Dari 100 responden, tanggapan responden mengenai kecepatan download sebesar 77% responden berpendapat puas, 19% responden berpendapat sangat puas,  4% tidak puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai kecepatan download
2.   Kecepatan Upload
            Dari 100 responden, tanggapan responden mengenai kecepatan upload sebesar 75% responden berpendapat puas, 19% responden berpendapat sangat puas, 6% tidak puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai kecepatan upload.
3.   Kecepatan Koneksi
Dari 100 responden, tanggapan responden mengenai kecepatan koneksi sebesar 60% responden berpendapat puas, 27% responden berpendapat tidak puas, 13% responden berpendapat sangat puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai kecepatan koneksi.
Fitur
Pada penelitian ini responden diharapkan memberikan tanggapan mengenai atribut produk speedy.  Pertanyaan dalam kuesioner yang diberikan kepada responden adalah tanggapan mengenai bentuk dan kualitas modem speedy, ketahanan modem Speedy, ukuran modem speedy.
1.                  Tanggapan responden mengenai bentuk dan kualitas modem speedy
            Dari 100 responden, tanggapan responden mengenai bentuk dan kualitas modem sebesar 71% responden berpendapat puas, 15% responden berpendapat tidak puas, 14% responden berpendapat sangat puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai bentuk dan kualitas modem.

2.  Tanggapan responden mengenai ketahanan modem Speedy
 Dari  100 responden, tanggapan responden mengenai ketahanan modem speedy sebesar 69% responden berpendapat puas, 18% responden berpendapat tidak puas, 13% responden berpendapat sangat puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai ketahanan modem speedy.
3    Tanggapan responden mengenai ukuran modem speedy
Dari 100 responden, tanggapan responden mengenai ukuran modem speedy sebesar 69% responden berpendapat puas, 16% responden berpendapat sangat puas, 15% responden berpendapat tidak puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai ukuran modem speedy.

Harga
Pada penelitian ini responden diharapkan memberikan tanggapan mengenai harga produk speedy.  Pertanyaan dalam kuesioner yang diberikan kepada responden adalah tanggapan mengenai Harga yang ditetapkan speedy, Pemberian diskon, Ketepatan perhitungan akurasi billing
1.  Tanggapan responden mengenai Harga yang ditetapkan speedy
Dari  100 responden, tanggapan responden mengenai harga yang ditetapkan speedy sebesar 68% responden berpendapat puas, 18% responden berpendapat sangat puas, 14% responden berpendapat tidak puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai harga yang ditetapkan speedy.
2.      Tanggapan responden mengenai Pemberian diskon
 Dari 100 responden, tanggapan responden mengenai pemberian diskon speedy sebesar 72% responden berpendapat puas, 17% responden berpendapat sangat puas, 11% responden berpendapat tidak puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai pemberian diskon.
3.   Tanggapan responden mengenai Ketepatan perhitungan akurasi billing
Dari 100 responden, tanggapan responden mengenai perhitungan akurasi billing sebesar 63% responden berpendapat puas, 19% responden berpendapat tidak puas, 18% responden berpendapat sangat puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai perhitungan akurasi billing.

Pelayanan
Pada penelitian ini responden diharapkan memberikan tanggapan mengenai atribut produk speedy.  Pertanyaan dalam kuesioner yang diberikan kepada responden adalah tanggapan mengenai Keakuratan pelayanan (ketepatan waktu dalam penanganan keluhan), Kecepatan penanganan keluhan, Perhatian yang diberikan kepada pelanggan
1.  Tanggapan responden mengenai Keakuratan pelayanan (ketepatan waktu dalam
     penanganan keluhan)
  Dari  100 responden, tanggapan responden mengenai keakuratan pelayanan (ketepatan waktu dalam penanganan keluhan) sebesar 74% responden berpendapat puas, 15% responden berpendapat sangat puas, 11% responden berpendapat tidak puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai keakuratan pelayanan (ketepatan waktu dalam penanganan keluhan).
2.  Tanggapan responden mengenai Kecepatan penanganan keluhan
Dari  100 responden, tanggapan responden mengenai kecepatan penanganan keluhan sebesar 77% responden berpendapat puas, 19% responden berpendapat sangat puas, 4% responden berpendapat tidak puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai kecepatan penanganan keluhan
3.   Tanggapan responden mengenai perhatian yang diberikan kepada pelanggan
Dari 100 responden, tanggapan responden mengenai perhatian yang diberikan kepada pelanggan sebesar 57% responden berpendapat puas, 35% responden berpendapat sangat puas, 8% responden berpendapat tidak puas dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak puas.  Sebagian besar responden berpendapat puas mengenai perhatian yang diberikan kepada pelanggan.

Tanggapan Responden mengenai kepuasan pelanggan
Pendapat responden mengenai kepuasan pelanggan ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan akses, fitur, harga dan pelayanan yang diberikan terhadap kepuasan pelanggan.
1. Tanggapan responden mengenai akan terus melanjutkan berlangganan speedy
Diperoleh informasi, bahwa dari 100 responden, tanggapan responden akan terus melanjutkan berlangganan speedy, sebesar 72% responden berpendapat sangat setuju, 21% responden tidak setuju, 7% responden setuju dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak setuju.  Sebagian besar responden akan terus melanjutkan berlangganan speedy.
2. Tanggapan responden mengenai tidak akan mengganti internet speedy dengan produk lain yang sejenis
 Diperoleh informasi, bahwa dari 100 responden, tanggapan responden mengenai tidak akan mengganti internet speedy dengan produk lain yang sejenis, sebesar 67% responden berpendapat setuju, 25% responden berpendapat tidak setuju,  8% responden berpendapat sangat setuju dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak setuju.  Sebagian besar responden tidak akan mengganti internet speedy dengan produk lain yang sejenis.
3.Tanggapan responden mengenai merekomendasikan speedy kepada pihak lain
      Diperoleh informasi bahwa dari 100 responden, tanggapan responden mengenai merekomendasikan speedy kepada pihak lain, sebesar 79% responden berpendapat setuju, 19% responden berpendapat tidak setuju, 2% responden sangat setuju dan tidak ada yang berpendapat sangat tidak setuju.  Sebagian besar responden akan merekomendasikan speedy kepada pihak lain.
Analisis Hubungan Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan
Setelah data terkumpul kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dan dihitung dengan menggunakan metode Chi-Square dengan alat bantu SPSS 15.0 untuk membuktikan apakah ada hubungan antara Atribut produk speedy (akses, fitur, harga dan pelayanan) dengan kepuasan pelanggan.  Dalam analisa ini terdapat empat variabel yaitu variabel bebas (X) Akses, fitur, harga, dan pelayanan merupakan variabel bebas (X1,X2,X3, dan X4) dan satu variabel terikat (Y) kepuasan pelanggan.


Hubungan Akses dengan Kepuasan Pelanggan
Tabel 1
HUBUNGAN AKSES DENGAN KEPUASAN PELANGGAN
Akses (X1)
Kepuasan Pelanggan (Y)
X²hitung
X²tabel
Sig
Hasil
C
Cmak
Hubungan
62,327
54,44
0,004
Ada hub
0,619
0,866
Kuat
Sumber:  Data primer yang telah diolah, 2009

Dari hasil perhitungan tabel : 1 variabel akses maka terdapat hubungan antara akses dengan kepuasan pelanggan,  hal ini didapat dari  hasil perhitungan X² Hitung 62,327 > X² Tabel 54,44.  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan koefisien kontingensi sebesar 0,619 jika bandingkan dengan Cmax 0,866 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara akses dengan kepuasan pelanggan adalah kuat.


Hubungan Vitur dengan Kepuasan Pelanggan
                                                              Tabel 2
                        HUBUNGAN FITUR DENGAN KEPUASAN PELANGGAN
Fitur (X2)
Kepuasan Pelanggan (Y)
X²hitung
X²tabel
Sig
Hasil
C
Cmak
Hubungan
98,730
54,44
0,000
Ada hub
0,704
0,866
Sangat Kuat
Sumber:  Data primer yang telah diolah, 2009

Dari hasil perhitungan tabel 2 : variabel fitur dapat dilihat dari Analisis hubungan fitur dengan kepuasan pelanggan, didapat hasil X² Hitung 98,730 > X² Tabel 54,44.  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan koefisien kontingensi sebesar 0,704 jika bandingkan dengan Cmax 0,866 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara fitur dengan kepuasan pelanggan adalah sangat kuat.


Hubungan Harga dengan Kepuasan Pelanggan
Tabel 3
                        HUBUNGAN HARGA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN
Harga (X3)
Kepuasan Pelanggan (Y)
X²hitung
X²tabel
Sig
Hasil
C
Cmak
Hubungan
95,221
54,44
0,000
Ada hub
0,698
0,866
Sangat Kuat
Sumber:  Data primer yang telah diolah, 2009

Dari hasil perhitungan tabel 3 : variabel harga dapat dilihat dari Analisis hubungan harga dengan kepuasan pelanggan, didapat hasil X² Hitung 95,221 > X² Tabel 54,44.  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan koefisien kontingensi sebesar 0,698 jika bandingkan dengan Cmax 0,866 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara akses dengan kepuasan pelanggan adalah sangat kuat.

Hubungan Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan
Tabel 4
HUBUNGAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN
Pelayanan (X4)
Kepuasan Pelanggan (Y)
X²hitung
X²tabel
Sig
Hasil
C
Cmak
Hubungan
79,373
43,77
0,000
Ada hub
0,665
0,866
Sangat Kuat
Sumber:  Data primer yang telah diolah, 2009


Dari hasil perhitungan  tabel 4 : variabel pelayanan dapat dilihat dari Analisis hubungan pelayanan dengan kepuasan pelanggan, didapat hasil X² Hitung 79,373 > X² Tabel 46,98.  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan koefisien kontingensi sebesar 0,619 jika bandingkan dengan Cmax 0,665 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan adalah sangat kuat.
Hasil analisis hubungan antara atribut produk terhadap kepuasan pelanggan secara ringkas dapat dengan Kepuasan Pelanggan.


Tabel 5
                        Hubungan Atribut Produk dengan Kepuasan Pelanggan
Variabel Atribut (X)
Kepuasan Pelanggan (Y)
Hubungan
Keterangan
Akses
Ada Hubungan
Kuat
Fitur
Ada Hubungan
Sangat Kuat
Harga
Ada Hubungan
Sangat Kuat
Pelayanan
Ada Hubungan
Sangat Kuat
Sumber: Data primer yang telah diolah, 2009



KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
a.         Dilihat dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa karakteristik responden yang menjadi pelanggan speedy adalah sebagian besar responden adalah berjenis kelamin pria, usia 36-45 tahun, pendidikan S1/S2/S3, pekerjaan pengusaha/wiraswasta, pendapatan lebih dari Rp 2.500.000 dan sudah berlangganan speedy lebih dari 9 bulan.
b.         Variabel akses dapat dilihat dari Analisis hubungan akses dengan kepuasan pelanggan, didapat hasil X² Hitung 62,327 > X² Tabel 54,44.  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan koefisien kontingensi sebesar 0,619 jika bandingkan dengan Cmax 0,866 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara akses dengan kepuasan pelanggan adalah kuat.
c.         Variabel fitur dapat dilihat dari Analisis hubungan fitur dengan kepuasan pelanggan, didapat hasil X² Hitung 98,730 > X² Tabel 54,44.  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan koefisien kontingensi sebesar 0,704 jika bandingkan dengan Cmax 0,866 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara fitur dengan kepuasan pelanggan adalah sangat kuat.
d.        Variabel harga dapat dilihat dari Analisis hubungan harga dengan kepuasan pelanggan, didapat hasil X² Hitung 95,221 > X² Tabel 54,44.  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan koefisien kontingensi sebesar 0,698 jika bandingkan dengan Cmax 0,866 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara akses dengan kepuasan pelanggan adalah sangat kuat.
Variabel pelayanan dapat dilihat dari Analisis hubungan pelayanan dengan kepuasan pelanggan, didapat hasil X² Hitung 79,373 > X² Tabel 46,98.  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan koefisien kontingensi sebesar 0,619 jika bandingkan dengan Cmax 0,665 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan adalah sangat kuat.

DAFTAR PUSTAKA

Agus, Erwan  dan Dyah Ratih S.2007.”.Metode Penelitian Kuantitatif.” Yogyakarta:Gava Media
Febrian,Jack  .2004. “Kamus Komputer dan Teknologi Informasi”. Bandung: Informatika
Ghozali, Imam. 2005. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto.2007..”Metodologi Penelitian Untuk Bisnis”.Yogyakarta:Ghalia Indonesia
Kottler,Philip.2002.”Manajemen Pemasaran”.Edisi 1.Jakarta:Prehallindo
Kotler, Philip dan Gary Armstrong.2001.”Prinsip-prinsip Pemasaran.”  Jakarta:  Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. ”Manajemen Pemasaran Jasa.” Jakarta: Salemba Empat
Mowen, John dan Michael Minor.2002.”Perilaku Konsumen.” Jakarta:Erlangga
Rangkuti, Fredy.2003.”Measuring Customer Satisfaction.”Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Simamora, Bilson. 2004. ”Riset Pemasaran.” Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
.............................. 2002. ”Panduan Riset Perilaku Konsumen.” Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Supardi.2005.”Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis.” Yogyakarta:UII Press
Supranto, J.  2001.  ”Statistik:  Teori dan Aplikasi.”  Jakarta:  Erlangga.
…………..  2003. ”Metodologi Riset.” Jakarta: PT Rineka Cipta
................... 2006. ”Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan.”Jakarta:PT Rineka Ilmu
....................2002. “Strategi Pemasaran.”Yogyakarta:Andi
Tjiptono, Fandy. 2004. “Manajemen Jasa”. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy. 2008.”Pemasaran Strategik”.Yogyakarta Andi
Umar, Husein.2003. “Metode Riset : Perilaku Konsumen Jasa”. Jakarta: Ghalia Indonesia
Usman, Husaini dan Purnomo.  2003. ” Metodologi Penelitian Sosial.”  Jakarta:  PT Bumi Aksara.