Laman

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SARANA PROMOSI UKM DI KABUPATEN JEPARA


PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SARANA PROMOSI UKM DI KABUPATEN JEPARA

Azizah
Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof.H.Sudarto, SH, Tembalang, Kotak Pos 6199/SMS Semarang 50061


ABSTRACT
The number of SME (Small Medium Enterprises) locating in Jepara with a lot of product variance make this district become more popular. SME locations’ mapping is made in purpose promoting these SMEs. There are 2 categories’ sample in this observation, they are regional sample and SMEs sample. This mapping result will be published in the webblog in order to make the existance of the Jepara’s SMEs are known by the public.

Keyword : information technology, small medium enterprises

PENDAHULUAN
Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari meubel, perak, konveksi hingga makanan. Banyaknya UKM yang tersebar di Jepara seharusnya merupakan sebuah potensi yang besar untuk dikembangkan. Industri di Jepara berkembang pesat dengan area pemasaran yang cukup luas, tidak hanya di dalam negeri saja tetapi juga sudah dapat mengekspor produknya ke luar negeri seperti Kanada, Spanyol, Amerika dan Arab. Dengan potensi yang begitu besar, pengembangan UKM di Jepara masih belum maksimal dikarenakan letak UKM yang saling berjauhan dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jepara menjadi salah satu faktor penghambat bagi mengalirnya para pembeli ke UKM tersebut apabila pembeli belum mengetahui keberadaan UKM tersebut atau belum mengenal kondisi dan situasi di Kabupaten Jepara. Hal tersebut tentunya akan merugikan UKM-UKM yang ada, mengingat kunjungan langsung pembeli akan mendongkrak penjualan sekaligus menjadi potensi pariwisata dan ajang promosi langsung kepada pembeli. Oleh karena itu, mempromosikan UKM pada sentra industri di Jepara perlu dilakukan dalam upaya memperkenalkan UKM tersebut kepada masyarakat yang diharapkan akan mendorong mengalirnya para pembeli sehingga meningkatkan penjualan barang produksi UKM yang penting untuk keberlangsungan hidup UKM. UKM yang sehat dan produktif tentunya akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat sekitarnya.

Perumusan Masalah
Untuk mempromosikan UKM yang ada di Jepara melalui media weblog terlebih dahulu harus mengetahui letak dari UKM tersebut berdasarkan wilayahnya pada sentra industri di Jepara. Ruang lingkup UKM ini adalah UKM yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Jepara.

Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari penelitian ini adalah memperkenalkan dan mempromosikan UKM berdasarkan wilayahnya yang ada di Kabupaten Jepara secara detail dan terstruktur dengan output akhirnya berupa weblog yang menampilkan UKM tersebut sehingga hasilnya dapat diakses oleh masyarakat umum.
Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan bagi para pembeli ataupun pengunjung yang berminat pada barang-barang hasil UKM di Kabupaten Jepara dalam mengetahui dan mengakses letak UKM tersebut, memperkenalkan UKM yang ada di Kabupaten Jepara baik yang baru maupun yang telah lama keberadaannya bagi masyarakat yang belum tahu, sebagai sarana promosi langsung kepada pembeli yang nantinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Jepara.

Metode Penelitian
Jenis Penelitian
Dalam penelitian ini digunakan metode survei. Menurut Tika (1999:91) survei adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan sejumlah besar data berupa variabel, unit atau individu dalam waktu bersamaan. Data dikumpulkan melalui individu atau sampel fisik tertentu dengan tujuan agar dapat mengeneralisasikan terhadap apa yang diteliti. Variabel yang dikumpulkan dapat bersifat fisik maupun sosial. Metode survei adalah penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual, baik secara institusi sosial, ekonomi atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daerah. Penelitian survei ini dilakukan dengan studi deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan pada waktu tertentu dari suatu populasi tertentu Consuelo G. Sevilla (1993:76). Penelitian ini mengambil lokasi di Kabupaten Jepara.

Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu populasi wilayah dan populasi responden.
a.              Populasi wilayah yaitu keseluruhan wilayah Kabupaten Jepara yang terdiri dari 14 kecamatan
b.             Populasi responden yaitu UKM yang ada pada sentra industri yang terdapat di Kabupaten Jepara
Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kategori, yaitu sampel wilayah dan sampel UKM.
a.              Sampel Wilayah
Sampel wilayah dalam penelitian ini adalah Kabupaten Jepara yang berada di Provinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah sekitar 100.413,19 Ha (1.004,132 km) dibagi dalam 14 kecamatan yang dihuni oleh 1,020 juta jiwa penduduk.
a.              Sampel UKM
Sampel UKM dalam penelitian ini adalah UKM yang terdapat pada sentra industri yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Jepara. Metode penentuan sampel menggunakan stratified random sampling (sampel diambil berdasarkan kelompok UKM yang berada di sentra industri Kabupaten Jepara. Menurut survei terakhir BPS, jumlah UKM yang terdapat di Kabupaten Jepara tersebar di 14 kecamatan adalah sebanyak 12944.
Untuk mendapatkan sampel yang mengambarkan dan mencandrakan populasi, maka dalam penentuan sampel penelitian ini digunakan rumus Slovin, sebagai berikut :

Keterangan :
n = ukuran sample
N = ukuran populasi
e = persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel yang masih dapat ditolelir


Jika dibulatkan, maka diperoleh 100 UKM sebagai sampel penelitian. Dari jumlah populasi tersebut dengan tingkat kelonggaran ketidaktelitian sebesar 10% maka dengan menggunakan rumus di atas diperoleh sebesar 90.

Prosedur Pengumpulan Data
Prosedur pengumpulan data merupakan kegiatan mencatat peristiwa atau kejadian atau karakteristik elemen. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui empat cara, yaitu studi dokumentasi, observasi, teknik wawancara dan studi kepustakaan.
PEMBAHASAN
Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data mengenai UKM yang ada di Kabupaten Jepara, dilakukan pengumpulan dan pengkajian data pada BPS, dari sana didapatkan data tentang bermacam-macam UKM yang tersebar di 14 kecamatan di Jepara yang dilengkapi dengan alamat dan nomor kontak (bila ada). Data yang terkumpul selanjutnya diobservasi. Di sini hanya diambil beberapa UKM saja sebagai sampel untuk didatangi dan diobservasi keberadaannya. Selain  observasi, juga dilakukan wawancara secara langsung terhadap pemilik ataupun pekerja dari UKM tersebut. Dalam wawancara tersebut, dibahas mengenai perkembangan pengelolaan UKM, perkembangan pengunjung serta kendala-kendala yang dihadapi. Untuk menambah bahan rujukan dalam menunjang pemberian informasi kepada para konsumen produk UKM Kabupaten Jepara maka dilakukan studi kepustakaan.



Gambar 1. Halaman Awal Weblog


Pemetaan Data
Data yang didapatkan dari BPS berupa seluruh UKM yang ada di Kabupaten Jepara, kemuadian di atur susunannya. UKM-UKM tersebut dipetakan dalam tabel-tabel yang disusun berdasarkan kecamatan yang ada di kabupaten Jepara. Data UKM yang ada di setiap kecamatan kemudian dibedakan lagi berdasarkan jenis usaha yang dikelolanya.
Tabel yang dibuat untuk pemetaan tiap kecamatan dan tiap jenis UKM memiliki tiga field yaitu field nama UKM, field Kegiatan Utama dan field alamat UKM. Dari field-field tersebut, para konsumen bisa mendapatkan informasi yang lebih detail serta lebih terstruktur sehingga lebih memudahkan para konsumen dalam membacanya.

Pembuatan Halaman Weblog
Pembuatan halaman weblog dilakukan agar data yang diolah dapat menjadi informasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Weblog dibuat dengan mendaftar pada www.blogspot.com. Setelah itu dilakukan pengaturan halaman-halaman weblog mulai dari tampilan awal, profil pembuat, artikel-artikel penunjang pemberi informasi tentang UKM di Jepara serta memasukkan seluruh tabel yang ada ke halaman weblog. Tampilan awal untuk halaman weblog dipilih template yang telah disediakan, sehingga tinggal memilihnya. Setelah itu mengatur tata letak halaman web, sehingga mudah bagi user untuk mengeksplorasi halaman web yang ada. Untuk memasukkan artikel baru dan tabel-tabel yang ada, maka pilih menu entri baru.




Gambar 2. Peta Industri Kabupaten Jepara


Di situ akan terbuka halaman isian baru dimana dapat memasukkan entri baru. Entri yang telah dimasukkan dan disimpan akan tersimpan dalam draft. Apabila entri tersebut akan dipublikasikan, maka pilih menu edit entri, akan tampil semua artikel yang telah dientri. Dari seluruh artikel yang ada, tinggal dipilih dengan ditandai check list mana saja artikel yang hendak dipublikasikan agar dapat dibaca oleh pengunjung weblog.




Gambar 3. Daftar UKM Sentra Industri Kabupaten Welahan



PENUTUP
Penelitian yang sudah dilakukan menghasilkan weblog yang berisi daftar UKM di wilayah Kabupaten Jepara berdasarkan Kecamatan dan sentra industri dimana UKM tersebut berada.




Daftar Pustaka
Nickles, William dan McHugs, 2012, Understanding Business 10th Edition, Glasgow : Bell & Bain Ltd.
Soetrisno, Noer, Ekonomi Rakyat Usaha Mikro dan UKM dalam Perekonomian Indonesia, smecda.com
William, BK dan Sawyer, S.C, 2007, Using Information Technology, Mc Graw Hill, New York